Senin, 31 Mei 2010

0 Mesin Uap DIFFERENSIAL

Mesin Uap DIFFERENSIAL
Pada awalnya komputer di buat oleh seorang profesor, charles babbage (1791-1871). tahun 1812 babbage memperhatikan kesesuaian antara mesin mekanik dan matematika. Mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang ulang kali tanpa kesalahan, matematika membutuhkan pengulangan sederhana. maka mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan di atas.
Usaha bebbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan Differensiil, mesin tersebut dinamakan mesin Diffensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah 10 tahun babagge terinspirasi memulai membuat komputer general-purpose yang pertama yang disebut analytical engine. Asisten Babbage agusta ada king (1815-1852) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini, ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah inggris dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik.
Departemen pertahanan amerika serikat tahun 1980 menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA.
Mesin uap Babbage tampak sangat primitif dibandingkan dengan standar masa kini, bagaimanapun juga alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern.
Pada tahun 1889 Herman Hollerith (1860-1929) menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan perhitungan bagi biro sensus Amerika Serikat.
Sebsus sebelimnya yang di lakukan pada tahun1880 membutuhkan waktu 7 tahun untuk menyelesaikan perhitunga.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

banner

Create your own banner at mybannermaker.com! Blog Anak Bugis
Create your own banner at mybannermaker.com!